QUALITATIVE ANALYSIS OF WET AND DRY FISH FORMALIN FROM PANCUR BATU MARKET TRADERS

Authors

  • Suprianto Suprianto Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Adek Chan Institut Kesehatan Helvetia
  • Samran Samran Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Debi Meilani Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Lely Fitri Handayani Nasution Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.35451/jfm.v5i1.1337

Keywords:

Analisa Kualitatif, Formalin, Ikan Basah dan Kering

Abstract

Ikan salah satu dari sekian banyak kekayaan alam bahari Indonesia. Lauk pauk ikan banyak dikonsumsi masyarakat, mudah diperoleh di pasar dengan harga terjangkau. Namun ikan basah dan ikan kering mudah dan cepat mengalami pembusukan. Mikroba ada sejak ikan masih hidup. Aktivitas mikroba menyebabkan perubahan biokimia dan fisik ikan sehingga bau busuk. Kondisi busuk diketahui setelah bau busuk tersebar dan timbul lendir, warna suram, mata keruh dan sebagainya. Pengawetan ikan basah dan ikan kering dilakukan dengan mengurangi kadar air. Pengawetan merupakan daya upaya peyelamatan hasil tangkapan ikan oleh nelayan. Pembusukan ikan dihambat dengan penambahan garam, sehingga penyimpanan ikan lebih lama tanpa aktivitas bakteri dan enzim. Pesatnya teknik pengolahan pangan, penambahan bahan-bahan aditif pada bahan pangan sulit untuk dihindari, akibatnya keamanan pangan telah menjadi dasar pemilihan suatu produk pangan yang akan dikonsumsi. Bahan aditif berbahaya sulit dihindari, selalu ditemukan dalam pangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui keberadaan formalin sebagai pengawet dalam ikan basah dan ikan kering dari pedagang pasar Pancur Batu secara kualitatif dengan pereaksi tertentu. Penelitian deskriptif menggunakan masing-masing lima sampel ikan basah dan kering yang dijual di pasar Pancur Batu. Hasil penelitian memberikan informasi satu sampel ikan dari pedagang pasar Pancur Batu mengalami perubahan warna ungu pada Kit Tes. Satu dari kelima sampel ikan basah dan kering positif ada formalin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, I., & Tebai, P. (2018). Analisis Formalin Ikan Teri (Stolephorus sp) Asin di Pasar Tradisional Kabupaten Gorntalo. Gorontalo Fisheries Journal, 1(1), 43–50.

Habibah, T. P. Z. (2013). Identifikasi Penggunaan Formalin pada Ikan Asin dan Faktor Perilaku Penjual di Pasar Tradisional Kota Semarang. Unnes Journal of Public Health, 2(3), 1–10.

Kafiar, F. P., Salim, I., & Djarwo, C. F. (2019). Identifikasi Kandungan Formalin pada Ikan Segar Bernilai Ekonomis Tinggi yang Terdapat di Pasar Tradisional Kota Jayapura. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Pengembangan Ipteks Dan Seni, Edisi V.

Karyantina, M., Linda, K., & Fadjar, H. (2012). Uji Kualitatif Kandungan Formalin pada Jajanan Anak Sekolah di Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. J Pertan Dan Pangan, 24(1), 1–10.

Marantika, A. K., & Martini, N. N. D. (2017). Analisis Formalin Pada Ikan Layang (Decapterus sp.) di Pasar Tradisional Kota Singaraja Kab. Buleleng. Seminar Nasional Riset Inovatif, 587–591.

Murtini, J. T., Riyanto, R., Priyanto, N., & Hermana, I. (2014). Pembentukan Formaldehid Alami pada Beberapa Jenis Ikan Laut Selama Penyimpanan dalam Es Curai. Jurnal Pascapanen Dan Bioteknologi Kelautan Dan Perikanan, 9(2), 143–151.

Rahmawati, R., Christyaningsih, J., & Sari, M. (2016). Kandungan Formalin Pada Ikan Asin Di Pasar Pucang, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya. Jurnal Gizikes, 2(1), 140–143.

Salim, S., Sipahutar, Y. H., Handoko, Y. P., Perceka, M. L., Bertiantoro, A., & Yuniarti, T. (2021). Pengetahuan Pengolah Ikan Asin dan Keberadaan Formalin di Sentra Ikan Asin di Desa Kronjo, Kabupaten Tangerang. Prosiding Simposium Nasional VIII Kelautan Dan Perikanan, 165–172.

Salosa, Y. Y. (2013). Uji Kadar Formalin, Kadar garam dan Total Bakteri Ikan Asin Tenggiri Asal Kabupaten Sarmi Provinsi Papua. Depik, 2(1), 10–15.

Sari, S. A., Asterina, A., & Adrial, A. (2014). Perbedaan Kadar Formalin pada Tahu yang Dijual di Pasar Pusat Kota dengan Pinggiran Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 3(3), 466–470.

Simanjuntak, H., & Silalahi, M. V. (2022). Kandungan Formalin Pada Beberapa Ikan Segar di Pasar Tradisional Parluasan Kota Pematang Siantar. Jurnal Sains Dan Teknologi, 11(1), 223–228.

Wardani, R. I., & Mulasari, S. A. (2016). Identifikasi Formalin pada Ikan Asin yang Dijual di Kawasan Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 10(1), 63–68.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Suprianto, S., Chan, A., Samran, S., Meilani, D., & Nasution, L. F. H. (2022). QUALITATIVE ANALYSIS OF WET AND DRY FISH FORMALIN FROM PANCUR BATU MARKET TRADERS. JURNAL FARMASIMED (JFM), 5(1), 92–98. https://doi.org/10.35451/jfm.v5i1.1337