RELATIONSHIP OF HEALTH SERVICES AND ATTITUDE OF HEALTH OFFICERS TO OUTPATIENT PATIENT SATISFACTION

Keywords: Pelayanan, sikap petugas kesehatan, kepuasan pasien

Abstract

Petugas kesehatan adalah orang yang paling perperan di dalam proses penyembuhan pasien, selain itu sikap juga sangat mempengaruhi karena perasaan kecewa ataupun senang yang dirasakan pasien tergantung dari kinerja petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Jika pelayanan kesehatan dapat memberi kepuasan kepada pasien maka menjadi bukti indikator didalam mengukur kualitas pelayanan sebuah Rumah Sakit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien Rawat Jalan di poliklinik lantai I RS Grandmed Lubuk Pakam. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik accidental sampling dimana sampel diambil kebetulan di jumpai pada saat melakukan penelitian. Analisa data menggunakan Uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan tampilan fisik dengan kepuasan pasien (p=0,01), ada hubungan keandalan dengan kepuasan pasien (p=0,01), ada hubungan ketanggapan dengan kepuasan pasien (p=0,01), ada hubungan jaminan dengan kepuasan pasien (p=0,03) dan ada hubungan empati dengan kepuasan pasien (p=0,02), selain itu hasil penelitian yang diperoleh yaitu ada hubungan sikap petugas kesehatan dengan kepuasan pasien dengan nilai p=0,00). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pelayanan dan sikap petugas kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RS Grandmed Lubuk pakam

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rahmad Gurusinga, Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam

Rahmad Gurusinga adalah seorang dosen keperawatan berjabatan fungsional Lektor yang ahli pada bidang ilmu administrasi keperawatan, manajemen keperawatan, nurse caring behaviour, nyeri dan kepuasan pasien

References

Bustami, B. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

Faridah.I, A, Afiyanti.A, dan Basri.H (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Periuk Jaya. Jurnal Kesehatan Vol.9 No.2 ISSN 2086-9266, e-ISSN 2654-587.

Kosnan. W. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JERA) Vol 21. No 4.

Munawir.I (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol.17 No.3.

Meliala.A.S (2018). Analisis pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Mitra Sejati Medan. Jurnal Rekam Medik Vol 1. No 1. e- ISSN 2614-6398.

Sinaga.P.J, Rambey.H, Bangun, M.S dan Saputri.N.I (2021). Implementasi strategi peningkatan kepuasan pasien di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No.2, e-ISSN 2775-2437.

Tangdilambi.N, Badwi.A dan Alim.A (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan RSUD Makasar. Jurnal Manajeman Kesehatan Yayasan RS.Dr.Soetomo Vol.5 No.2.

Published
2022-04-27
How to Cite
Gurusinga, R. (2022). RELATIONSHIP OF HEALTH SERVICES AND ATTITUDE OF HEALTH OFFICERS TO OUTPATIENT PATIENT SATISFACTION. JURNAL KESMAS DAN GIZI (JKG), 4(2), 85-90. https://doi.org/10.35451/jkg.v4i2.1036

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>