DIFFERENCES OF PAIN IN LUMBAL HERNIA NUCLEUS PULPOSUS (HNP) PATIENTS AFTER TRANSCUTANEOUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION (TENS) WITH MC TRAINING. KENZIE AT CLINIC dr. HERMANSAFAR BUKIT TINGGI

Authors

  • Kardina Hayati Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Ramdanil Arifin Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Pitriani . Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Tati Murni Karokaro Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam

DOI:

https://doi.org/10.35451/jkg.v5i1.1256

Keywords:

Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS), Latihan Mc. Kenzie, Hernia Nucleus Pulposus (HNP)

Abstract

Hernia Nukleus Pulposus (HNP) merupakan salah satu penyakit yang sering menyebabkan rasa sakit pada ruas-ruas tulang belakang. Hernia nucleus pulposus (HNP) diakibatkan oleh penekanan atau pecahnya bantalan lunak diantara ruas-ruas tulang belakang sehingga terjadi penyempitan dan terjepitnya akar saraf yang melalui tulang belakang. Perlakuan Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) dengan latihan Mc. Kenzie merupkan upaya untuk mengurangi tingkat nyeri yang dirasakan pada kasus Hernia Nucleus Pulposus Lumbal (HNP). Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan metode two group pretest and posttest. Penelitian ini dilakukan di Klinik dr. Herman Safar Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel dalam penelitian berjumlah 20 pasien. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat nyeri sebelum dan sesudah intervensi mengalami perubahan. Hasil analisis statistik penelitian ini didapatkan hasil dengan P-Value = 0.000 (p<0.05), yang berarti adanya  perbedaan nyeri pada penderita Hernia Nucleus Pulposus (HNP) lumbal setelah diberikan Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) dengan latihan Mc. Kenzie. Dapat disimpulkan bahwa pemberian Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) dengan latihan Mc. Kenzie dapat mengurangi nyeri pada kasus nucleus pulposus (HNP) lumbal di Klinik dr. Herman Safat Bukittinggi. Pengembangan penelitian selanjutnya dapat lebih diperdalam pada kasus Hernia Nucleus Pulposus (HNP) dengan menggunakan intervensi yang lain dalam menurunkan nyeri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kardina Hayati, Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam

Saya Kardina Hayati,  Bekerja di Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam dengan bidang keahlian Manajemen Keperawatan.

 

References

Anggiat, L., Fransisko, I. J., & SSt.Ft, S. (2020). Terapi Konvensional Dan Metode Mckenzie Pada Lansia Dengan Kondisi Low Back Pain Karena Hernia Nukleus Pulposus Lumbal. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 4(2), 44–57. https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v4i2.113

The Healthy Back Institute. 2011. Sciatica : What Causes It and How to Get Lasting Sciatic Pain Relief. Diakses: 6 April 2011.

www.losethebackpain.com/conditions/sciatica/

Kemenkes RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta : Kemenkes.

Kumbea, N. P., Asrifuddin, A., & Sumampouw, O. J. (2021). Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Nelayan. Indonesia Journal of Public Health and Community Medicine, 2(1), 21–26.

Nugroho, D. S. A. (2015). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kasus Hnp Dengan Modalitas Shortwave Diatermy,Traksi Lumbal Dan Mc. Kenzie Exercise Di Rsud. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.

Patel, J. I. (2016). Effect of Mckenzie Method With Tens on Lumbal. 3(1), 94–99.

Septi Yultra, D. (2016). Pengaruh Pemberian Trancutaneous Electrical Nerve Stimulation (Tens) Dan Latihan Mc.Kenzie Pada Pasien Penderita Hernia Nukleus Pulposus (Hnp) Lumbal Terhadap Pengurangan Nyeri Di Rsud Solok Tahun 2016.

Sudaryanto. (2018). Kombinasi Teknik Proprioceptive Neuromuscular Facilita Tion Dan Mc.Kenzie Exercise Lebih Efektif Daripada Mc.Ken Zie Exercise Terhadap Perubahan Fungsional Lumbal Pada Penderita HNP Lumbal.

Tantangan, R., Bintang, S. S., & Ginting, S. (2021). Pengaruh Metode Mc Kenzie Exercise dan Core Stability Exercise terhadap Penurunan Nyeri pada Penderita Hernia Nucleus Pulposus. 6(2), 107–111.

Ulandari, R. (2020). Pengaruh Pemberian Terapi Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) Terhadap Pengurangan Nyeri Pada Pasien Lansia Dengan Low Back Pain Di Fisioterapi Rumah Sakit An-Nisa Tangerang Tahun 2020.

Widyasari, O. R. (2020). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Hernia Nucleus Pulposus (HNP) dengan Modalitas Traksi dan MC. Kenzie exercise di RSO Prof DR. R. Soeharso Surakarta.

Yuniar. (2014). Pemberian Pilates Exercise Sama dengan Mckenzie Exercise Dalam Penurunan Skor Disability Index Pada Penderita Hernia Nukleus Pulposus di Klinik Bali Chiropractic Denpasar.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Hayati, K., Arifin, R., ., P., & Karokaro, T. M. (2022). DIFFERENCES OF PAIN IN LUMBAL HERNIA NUCLEUS PULPOSUS (HNP) PATIENTS AFTER TRANSCUTANEOUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION (TENS) WITH MC TRAINING. KENZIE AT CLINIC dr. HERMANSAFAR BUKIT TINGGI. JURNAL KESMAS DAN GIZI (JKG), 5(1), 79–86. https://doi.org/10.35451/jkg.v5i1.1256