THE COMPARISSON OF COMPLEMENTARY FEEDING EDUCATIONAL RESULT BETWEEN EMOTIONAL-DEMONSTRATION METHODS AND TEAM GAME TOURNAMENT TO INFANT MOTHERS AT INTEGRATED SERVICE POST, POGALAN VILLAGE, TRENGGALEK
DOI:
https://doi.org/10.35451/jkg.v5i1.1370Keywords:
Edukasi Gizi, MP-ASI, Emotional Demonstration, Team Game Tournament, Ibu BadutaAbstract
Edukasi mengenai MP-ASI merupakan salah satu langkah pertama untuk mencegah terjadinya gizi kurang dan gizi buruk pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil edukasi antara metode Emotional Demonstration dan Team Game Tournament tentang MP-ASI kepada ibu yang memiliki baduta di Posyandu desa Pogalan, Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan quasi eksperimental design menggunakan instrumen soal tes pengetahuan dan angket sikap. Jumlah sampel sebanyak 56 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive samping dan kemudian dibagi menjadi 2 kelompok sehingga masing-masing kelompok berjumlah 28 orang, selanjutnya kelompok pertama diberikan edukasi MP-ASI menggunakan metode Emotional Demonstration dan kelompok kedua diberikan edukasi MP-ASI dengan menggunakan metode Team Game Tournament. Data pengetahuan dan sikap antar kelompok eksperimen dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Emotional Demonstration dan Team Game Tournament sama-sama dapat meningkatkan hasil edukasi tentang MP-ASI. Namun, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil edukasi dari kedua metode tersebut baik aspek pengetahuan (nilai p 0.926) maupun aspek sikap (nilai p 0.594). Penelitian ini mengukur peningkatan aspek pengetahuan dan aspek sikap tanpa perubahan perilaku, sehingga peralatan pada metode Team Game Tournament dinilai lebih praktis dan durasi yang diperlukan dalam satu kali pertemuan edukasi MP-ASI menggunakan metode Emotional Demonstration dinilai lebih panjang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright in each article is the property of the Author.