ANALISIS KASUS DARI PERNIKAHAN DINI YANG BERKAITAN DENGAN KESPRO BAGI SUAMI-ISTERI DI DESA LIMAU MANIS TANJUNG MORAWA DELI SERDANG

  • Friska Margareth Parapat Universitas Sari Mutiara Indonesia
Keywords: Kata Kunci: Remaja, Faktor yang Melatar Belakangi dan Pernikahan Usia Dini

Abstract

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN), (2012) menyatakan angka pernikahan usia di bawah 19 tahun masih tinggi yakni mencapai 20 %. Populasi penduduk usia remaja ( 16-24 tahun) mencapai 27.6 % dari jumlah penduduk Indonesia yaitu 64 juta jiwa.Menurut Badan Pusat Statistik (2012) di Provinsi Sumatera Utara menunjukkan Angka Kelahiran Bayi pada ibu yang berusia 15-19 tahun berkisar 33 %. Adapun jumlah kematian bayi di Sumatera Utara cukup tinggi sebanyak 40 / 1000 kelahiran hidup Dari jumlah tersebut 30-35 persen diantaranya sudah melakukan pernikahan di usia dini.

 

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan paradigma interpretivist bertujuan menganalisis faktor penyebab dan dampak dari pernikahan dini . Penelitian dilaksanakan di Desa Limau Manis . Peneliti mempelajari kasus 5 orang yang melakukan pernikahan dini. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan orang, peristiwa sesuai karakteristiknya sesuai dengan kategori dan kronologinya.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya pernikahan dini di Desa Limau Manis yaitu faktor ekonomi, faktor pendidikan, faktor MBA / hamil sebelum menikah, kemauan sendiri, faktor keluarga/orang tua, media massa dan kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi. Dampak yang ditimbulkan menikah pada usia dini yaitu mudah cemburu dan curiga karena belum matangnya psikologisnya, ketidakstabilan ekonomi keluarga dengan penghasilan yang rendah (tidak mencukupi), terjadinya perceraian, meningkatnya resiko kehamilan dan persalinan pada ibu dan bayi.

 

Untuk meminimalisir terjadinya pernikahan usia dini maka disarankan setiap remaja mengikuti wajib belajar 12 tahun agar angka pernikahan dini yang tinggi dapat berkurang dan menurunkan minat remaja untuk menikah.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-31
How to Cite
Parapat, F. (2019). ANALISIS KASUS DARI PERNIKAHAN DINI YANG BERKAITAN DENGAN KESPRO BAGI SUAMI-ISTERI DI DESA LIMAU MANIS TANJUNG MORAWA DELI SERDANG. JURNAL KEBIDANAN KESTRA (JKK), 2(1), 87-94. https://doi.org/10.35451/jkk.v2i1.238