MECHANISM OF INJURY AND AGE WITH GCS (GLASGOW COMA SCALE) VALUE IN HEAD INJURY PATIENTS

MECHANISM OF INJURY AND AGE WITH GCS (GLASGOW COMA SCALE) VALUE IN HEAD INJURY PATIENTS

Authors

  • Pitriani Pitriani Institut Medistra Lubuk Pakam
  • Kardina Hayati Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Syatria Wati Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Lismawati Lismawati
  • Felix Kasim Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam

DOI:

https://doi.org/10.35451/jpk.v2i2.1429

Keywords:

Cedera Kepala, Usia, GCS

Abstract

GCS adalah metode yang paling populer untuk menilai status neurologis dan derajat keparahan disfungsi otak termasuk cedera ketua Ada tiga komponen yg dievaluasi berdasarkan GCS yaitu respon mata, lisan & motorik. Cidera kepala merupakan gangguan traumatik yang disertai atau tanpa disertai perdarahan interstitinal pada substansi otak tanpa diikuti terputusnya kontinuitas otak. Cedera kepala didominasi pada kecelakaan berkedaraan bermotor (50), ini merupakan salah satu penyebabnya, yaitu sepeda motor, mobil, truk, sepeda, dan pejalan kaki yg tertabrak tunggangan. Usia 65 tahun biasanya mengalami cedera kepala berat 2 kali lipat lebih besar terjadi mortalitas daripada usia di bawah 65 tahun, dan biasanya penyebab utamanya bermacam-macam.

References

Astuti, Dwi (2019). Hubungan skor Glasgow coma svale awal masuk pasien cedera kepala terhadap keluaran di unit gawat darurat rumah sakit bhayangkara makassar tahun 2019.

Lisnawati, (2012). Hubungan antara Skor Cognitive Test For Delirium (CTD) dengan Outcome menurut Glasgow Outcome Scale (GOS) pada penderita cedera kepala tertutup. (Tesis). Makassar. Universitas Hasanuddin.

Mustarhfiroh, dkk (2018). Hubungan antara Glasgow Coma Scale dan Tingkat Mortalitas pada Pasien Cedera Kepala dengan Lesi Perdarahan Subarachnoid. Jurnal Kesehatan Khatulistiwa. Volume 4. Nomor 1. Januari 2018.

Suddarth & Brunner. (2013). Keperawatan medical bedah brunner & suddarth ed. 12 EGC. 2013.

Smeltzer & Barre. (2013). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Edisi 8 Volume 1. Jakarta: EGC.

Suryati, ida (2015). Hubungan Mekanisme Cidera Dan Usia Dengan Nilai Gcs Pada Pasien Cidera Kepala Diruang Igd Rumah Sakit Umum.

Tarwoto.(2013). Asuhan keperawatan klien dengan cidera kepala. Jakarta: Salemba Medika.

Downloads

Published

2022-12-31