WORKSHOP OF FORMULATION ON PREPARATION GEL (ALEURITES MOLUCCANA) AS ANTICEPTIC HAND SANITIZER AGAINST BACTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS

WORKSHOP OF FORMULATION ON PREPARATION GEL (ALEURITES MOLUCCANA) AS ANTICEPTIC HAND SANITIZER AGAINST BACTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS

  • Cucu Arum Dwi Cahya Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Devi Febby Yola Lubis Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
Keywords: Minyak kemiri, Hand sanitizer, Staphylococcus aureus

Abstract

Salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga kebersihan, salah satunya adalah kebersihan tangan. Salah satu bakteri yang paling sering mengkontaminasi kulit tangan adalah Staphylococcus aureus. Penggunaan gel antiseptik (Hand sanitizer) yang mudah dan praktis semakin diminati masyarakat. Kebanyakan produk gel antiseptik tangan menggunakan alkohol sebagai antibakteri. Kemiri adalah salah satu tumbuhan dengan berbagai manfaat pada setiap bagian pohonnya. Kemiri dapat dimanfaatkan baik sebagai obat-obatan tradisional, bahan makanan, bahan pewarna, penerangan dan berbagai kegunaan lain. Namun belum ada studi yang meneliti apakah formulasi sediaan Gel Hand sanitizer minyak kemiri (Aleurites moluccana) efektif sebagai antibakteri. Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas antibakteri minyak kemiri terhadap bakteri Staphylococcus aureus setelah diformulasikan dalam sediaan gel Hand sanitizer pada 3 formula dengan konsentrasi F1=5%, F2=10% dan F3=15%. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Untuk mengetahui efektivitas anti bakteri minyak kemiri (Aluerites moluccana) terhadap bakteri Staphylococcus. aureus setelah diformulasikan kedalam sediaan gel Hand sanitizer. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada formulasi F3 dengan kosentrasi 15% dapat menghambat aktivitas bakteri Staphylococcus aureus dengan zona hambat sebesar 19 mm dengan hasil sediaan gel yang homogen, pH sebesar 5 mendekati pH kulit, tidak mengiritasi kulit dan daya sebar menunjukkan hasil yang merata ke seluruh permukaan kulit yaitu 5 cm. Terdapat penghambatan bakteri Staphylococcus aureus setelah minyak kemiri (Aleurites moluccana) diformulasikan kedalam sediaan gel Hand sanitizer.

References

Aman Santoso dkk. 2021. Optimasi Sintesis Dan Karakterisasi Sabun

Annas Putro Senu Prasojo dkk. 2012. Pengaruh Lama Penyimpanan Terhadap Stabilitas Fisik Dan Kimia Lotion Penumbuh Rambut Ekstrak Biji Kemiri (Aleurites moluccana L. Willd.). Yogyakarta. Majalah Obat Tradisional.

Kemenkes. 2014. Infodatin: Hari Mencuci Tangan Sedunia. Jakarta: Depertemen Kesehatan RI.

Lindawati dkk. 2014. Inovasi “Kewangi” Sebagai Gel Antiseptik Alami dari Minyak Atsiri Kemangi (Ocimum canum). Bogor. IPB.

Refdanita dkk. 2012. Pola Kepekaan Kuman Terhadap Antibiotika Diruang Rawat Intensif Rumah Sakit Fatmawati Jakarta tahun 2001-2002. Jakarta. Makara Kesehatan.

Suwarto. 2014. Top 15 Pertanaman Perkebunan. Jakarta. Penebar Swadaya.

WHO. 2013. Initiative for Vaccine Research (IVR), Staphylococcal Infection, (http://www.who.int/vaccine_research/diseases/soa_bacterial/en/inde)

Published
2022-12-31