COUNSELING ON THE USE OF INFUSED WATER FOR BODY HEALTH IN JUNIOR HIGH SCHOOLS AMAL LUHUR MEDAN

COUNSELING ON THE USE OF INFUSED WATER FOR BODY HEALTH IN JUNIOR HIGH SCHOOLS AMAL LUHUR MEDAN

Authors

  • Ahmad Hafizullah Ritonga Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Barita Aritonang Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Karnirius Harefa Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Rotua Sumihar Sitorus Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Herlina . Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Debi Meilani Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam

DOI:

https://doi.org/10.35451/jpk.v2i2.1448

Keywords:

Infused Water;, Kesehatan Tubuh;, Penyuluhan;, Manfaat;

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan pemanfaatan infus water bagi kesehatan tubuh ini telah dilaksanakan di Sekolah Emenegah Pertama (SMP) Amal Luhur Medan. Adapun kegiatan ini meliputi persiapan awal, pemberian materi terkait infused water dan manfaatnya, serta pemberian contoh cara membuat infused water yang diikuti dengan pembagian infused water kepada peserta kegiatan. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa-siswi dan staf/guru yang ada di lingkungan SMP Amal Luhur Medan. Kegiatan ini telah berhasil memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya kawula muda generasi masa depan yang mengetahui manfaat dari mengkonsumsi infused water secara rutin bagi kesehatan. Kegiatan ini juga telah memberikan informasi terkait pembuatan infused water secara mandiri.

References

Cahanar, P., & Suhanda, I. (2006). Makan sehat hidup sehat. Penerbit Buku Kompas.

Haitami, H., Ulfa, A., & Muntaha, A. (2017). Kadar vitamin C jeruk sunkist peras dan infused water. Medical Laboratory Technology Journal, 3(1), 22–26.

Hardiningrum, A., Fasha, A. H. Z., & Zahroh, C. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Masa Pandemi Covid-19. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 78–88.

Lian, B. (2019). Tanggung jawab Tridharma perguruan tinggi menjawab kebutuhan masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Margowati, S., Ratnasari, M. D., Ardiyaningrum, D., Sari, D. A., & Normalita, I. (2021). Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masyarakat Terhadap Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Community Empowerment, 6(4), 524–531.

Marpaung, M. P., Muslimin, M., Susiyanti, S., Sigalingging, J., & Ernia, R. (2022). peranan Perguruan Tinggi Dalam Pengabdian Masyarakat Di Bidang Analis Kesehatan Pada Masa Pandemi COVID 19. swarna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 44–50.

Muaris, H. J. (2014). Infused Water: Tren Gaya Hidup Minum Air Putih. Gramedia Pustaka Utama.

Muttaqien, M. K., & Anasani, H. A. (2021). Pelatihan Membuat Infused Water Melalui Video Tutorial, Banner dan Poster Sebagai Peluang Usaha dan Proteksi Diri Saat Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Puspaningtyas, D. E., Gz, S., Prasetyaningsrum, Y. I., & Gz, S. (2014). Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat. FMedia.

Soraya, N. (2014). Infused water: minuman alami bervitamin & super sehat. Penebar PLUS+.

Surati, S., & Qomariah, N. (2017). Tingkat Keamanan Minuman Infused Water Dengan Diversifikasi Penyimpanan Yang Berbeda. Jurnal Riset Kesehatan, 6(1), 13–19.

Thiagarajah, K., Ong, M. K., Teh, L. K., & Lye, H. S. (2019). Plants infused water as preferred healthy drinks. In Bottled and packaged water (pp. 367–402). Elsevier.

Trisnawati, I. (2019). Tingkat Kekeruhan Kadar Vitamin C dan Aktivitas Antioksidan Infused Water Lemon Dengan Variasi Suhu Dan Lama Perendaman. Jurnal Pangan Dan Gizi, 9(1), 27–38.

Wassalwa, M. (2016). Pengaruh Waktu Infusa dan Suhu Air yang Berbeda Terhadap Aktivitas Antioksidan dan Vitamin C pada Infused Water Kulit Pisang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, 1(1).

Yuliawati, S. (2012). Kajian implementasi tri dharma perguruan tinggi sebagai fenomena pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 218712.

Downloads

Published

2022-12-31