HUBUNGAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DENGAN KOMPETENSI PERAWAT

Authors

  • Herri Novita Tarigan Institut Kesehatan DELI HUSADA Deli Tua
  • Anita Theresia Lumban Gaol Institut Kesehatan Deli Husada Delitua

DOI:

https://doi.org/10.35451/jkf.v1i2.139

Keywords:

Kata Kunci : Pendidikan Berkelanjutan, Kompetensi Perawat

Abstract

Pendidikan keperawatan berkelanjutan adalah proses pengembangan keprofesian yang meliputi berbagai kegiatan yang dilakukan seseorang dalam kapasitasnya sebagai perawat praktisi, guna mempertahankan dan meningkatkan profesionalismenya sebagai perawat sesuai standar kompetensi yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan berkelanjutan dengan kompetensi perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit TK II Putri Hijau Kesdam I/BB Medan. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling yaitu teknik total pengambilan sampel dengan jumlah sampelnya adalah 48. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan pendidikan berkelanjutan dengan kompetensi perawat p-value (0,001<0,005) dan PR (0,750).Kesimpulan dari penelitian ini adanya hubungan pendidikan berkelanjutan dengan kompetensi perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit TK II Putri Hijau Kesdam I/BB Medan. Saran yang dapat diberikan yaitu rumah sakit tetap menyediakan dan mengikutsertakan perawat dalam pendidikan berkelanjutan untuk membantu perawat dalam mengembangkan kompetensinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Fadholi, 2018, Rekomendasi Peningkatan Kualifikasi Dan Komptensi Perawat Rumah Sakit X Mojokerto Melalui Pendekatan Human Capital, MTPH Journal, Volume 2, No.1

Anggita Ria Febriyanti, Hamidah Nayati Utami, Mochammad Soe’oed Hakam, Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi Dan Kinerja Karyawan Jurnal Administrasi Bisnis Vol.1 No.2 April 2013

Citra Rahayu Ningsih, 2017, Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kompetensi Karyawan PT. Antam Pomaala.

Dame Elysabeth, 2015, Hubungan Tingkat Pendidikan Perawat Dengan KompetensiEvidance-Based Practice Jurnal Skolastik Keperawatan Vol 1, No 01.

Dr. dr. Sutoto, M.Kes, 2012 Penataan Wahana Praktik Keperawatan Bermutu Di Rumah Sakit.

Fanny Shofiyatul Izzah, 2016, Gambaran Pendidikan Berkelanjutan Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Salatiga.

Fitri Arofiati S.Kep, Ns, MAN, Ph.D, 2016, Orasi Ilmiah Kompetensi Berkelanjutan Bagi Perawat Di Era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Fitri Arofiati, S.Kep, Ns, MAN, Ph.D, 2017, Tantangan Pendidikan Berkelanjutan Bagi Perawat Di Indonesia.

Fitroh Asriyadi, 2017, Pengembangan Alat Ukur Mengukur Kompetensi Preseptor Di Rumah Sakit Wahana Pembelajaran Pendidikan Profesi Ners.

Hadijah, 2015, Tugas Akhir Program Megister Analisis Kompetensi Perawat Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit dr. Sobirin.

Info Datin (Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI), 2016, Situasi Tentang Keperawatan Indonesia.

Instrumen Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Versi 2017, Kelompok Standar Manejemen Rumah Sakit Bab 5 Tentang Kompetensi dan Kewenangan Staf (KKS) Hal 193

Istiꞌadah, 2014, Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), 2016 Tentang Uji Kompetensi Prodi Kesehatan.

Komarudin, 2012, Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan Dalam Pencapaian Sustainability Profesionalisme Keperawatan, The Indonesian Journal Of Health Science, Vol 2, No.2

Muniarti, 2016, Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep.

Ns. Ike Puspitaningrum, M.Kep dan Dr. Tri Hartati, SKM, M.Kep, Peningkatan Kualitas Personal Dan Profesional Perawat Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Ns. Yudha Anggit Jiwantoro, S.Kep., M.Kes, Riset Keperawatan Tenatang Analisis Data Statistik Menggunakan SPSS.

Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Perawat Indonesia Tahun 2015

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.02.02/Menkes/148/I/2010 Tentang Izin Dan Penyelenggaraan Praktik Perawat.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017, Penyelenggaraan Uji kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan

PPNI, AIPNI, AIPDiKI, 2012 Standar Kompetensi Perawat Indonesia

Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan Dan Keteknisian Medik Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan

Kementerian Kesehatan RI, 2013, Petunjuk Pelaksanaan Jenjang Karir Perawat Di Rumah Sakit

Rahmad Wahyudi, 2016, Hubungan Implementasi Kebijakan Praktek Profesional, Pendidikan Berkelanjutan, Pengembangan Profesi Ilmu Pengetahuan, Dan Pengabdian Masyarakat Dalam Upaya perpanjangan Registrasi Perawat Dengan Peningkatan Kompetensi Perawat PPNI Kabupaten Kota Bangkalan.

Riduwan dan Riskawati (2015), Skripsi Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru, Universitas Negeri Makassar.

Riza Rezita, 2015, Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Yogyakarta.

Siswanto, Tri Hartati, Agus Santoso, 2015, Hubungan Pendidikan Berkelanjutan Dan Pelatihan Kompetensi Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Model Praktik Keperawatan Profesional.

Sugiyono, 2014 Metode Penelitian Administrasi, Bandung

Undang-Undang Rebublik Indonesia Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Registrasi, Izin Praktek, Registrasi Ulang.

Downloads

Published

2019-04-29

How to Cite

Tarigan, H. N., & Lumban Gaol, A. T. (2019). HUBUNGAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DENGAN KOMPETENSI PERAWAT. JURNAL KEPERAWATAN DAN FISIOTERAPI (JKF), 1(2), 7–12. https://doi.org/10.35451/jkf.v1i2.139