HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SEI MENCIRIM MEDAN TAHUN 2020

  • Rizky Ardilla Lubis Universitas Prima Indonesia
  • Annisa Dewi Putri Universitas Prima Indonesia
  • Tarianna Ginting Universitas Prima Indonesia
  • Dameria . Universitas Prima Indonesia
Keywords: Ketepatan  Waktu, Empati, Lingkungan dan Kepuasan   Pasien

Abstract

 

Permasalahan kepuasan yang sering timbul di Puskesmas Sei Mencirim Medan tidak terlepas dari mutu pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas kurang baik sehingga menyebabkan pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian pada Puskesmas Sei Mencirim Medan dapat dilihat berdasarkan tingkat kepuasan pasien dengan ketepatan waktu memiliki 40,5% baik dan 59,5% kurang baik, berdasarkan empati  memiliki 55,6% baik dan 44,4% kurang, dan lingkungan memiliki 20,7% baik dan 79,3 kurang baik. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui hubungan Ketepatan Waktu, Empati, Dan Lingkungan terhadap Kepuasan Pasien rawat jalan di Puskesmas Sei Mencirim Medan. Penelitian ini dengan cara survey analitik yang menggunakan desain penelitian Cross Sectional dengan sampel 93 responden. Tekhnik pegambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai p-value dengan ketepatan waktu (0,000), empati (0,000), dan lingkungan (0,206). Dari hasil analisis regresi berganda memperlihatkan bahwa memperlihatkan bahwa ketepatan waktu berhubungan signifikan dengan kepuasan pasien. Tetapi yang paling berhubungan terhadap kepuasan pasien yaitu empati yang berbanding dengan lingkungan. Kesimpulannya yaitu memiliki hubungan antara ketepatan waktu dan empati dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sei Mencirim Medan, sementara itu lingkungan tidak memiliki hubungan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas sei mencirim medan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-31
How to Cite
Lubis, R., Putri, A., Ginting, T., & ., D. (2020). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SEI MENCIRIM MEDAN TAHUN 2020. JURNAL KEPERAWATAN DAN FISIOTERAPI (JKF), 3(1), 13-20. https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.467