Analysis Of Consumer Level Of Affection For Indonesia Popular Coffee Products In The Era Of Generation Z

Authors

  • Mahendra Ilmi Syaputra Matondang Universitas Sumatera Utara
  • Anggi Aulia Nasution Universitas Sumatera Utara
  • Jojor Indriani Samosir Universitas Sumatera Utara
  • Muhammad Rafizzan Akbar Universitas Sumatera Utara
  • Nauas Domu Marihot Romauli
  • Raini Panjaitan

DOI:

https://doi.org/10.35451/jkg.v6i2.2122

Keywords:

kopi populer, uji afektif, gen z, industri kopi

Abstract

Produksi kopi Indonesia mencapai 794,8 ribu ton pada tahun 2022, meningkat sekitar 1,1% dari tahun sebelumnya, dan angka ini dapat terus meningkat setiap tahunnya.  Namun, Negara Indonesia sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia masih jauh dari keuntungan produksi yang di dapatkan per tahun-nya, berbeda dengan negara Amerika Serikat menempati peringkat pertama. Padahal, dapat diketahui bahwa negara ini tidak memproduksi kopi sendiri, melainkan dengan cara mengolah kopi yang jauh lebih menguntungkan. Maka, Pemerintah Indonesia mendorong pertumbuhan industri kopi modern dengan memanfaatkan digitalisasi yang semakin mempermudah konsumen untuk mendapatkan kopi olahan modern. Kopi yang akan diuji pada penelitian ini adalah varian kopi gula aren yang dimana menyajikan tiga produk kopi merk terkenal di masyarakat. Kopi yang kami pilih juga merupakan brand kopi lokal yang sedang menarik perhatian banyak pencinta kopi Indonesia dan bahkan diketahui sudah go internasional. Metode pendekatan studi langsung ini dilakukan dengan menempatkan panelis semi-terlatih sebanyak 25 orang dengan menggunakan uji organoleptik. Hasil penelitian ini mencakup preferensi pelanggan terhadap produk kopi siap konsumsi yang populer di era Gen Z. Hasil Penelitian yang didapat adalah Tingkat kesukaan terhadap rasa pada produk kopi populer di era generasi Z yang mempunyai rerata nilai hedonik tertinggi 4,12 pada sampel 236 yang artinya dalam rentang skala penilaian 4 dapat ditandai dengan tingkat kesukaan yaitu suka. Kemudian dilakukan uji analisis One Way ANOVA untuk mengetahui pengaruh terhadap variable dependen yang terikat kemudian dilakukan Uji Duncan untuk dilakukan pembandingan yang tidak berencana. Hasil Uji Analisis didapatkan Nilai signifikansi tingkat kesukaan pada atribut rasa adalah 0,001 (<0,05), artinya ada perbedaan tingkat kesukaan terhadap rasa pada ketiga produk kopi populer di era Generasi Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmi, N. (2022). Tingkat Kesukaan Konsumen terhadap Kopi Wine Gayo pada Beberapa Derajat Penyangraian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian. 7(2):324-329.

Darmaprawira, Sulasmi. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan.

Ebdi Sanyoto, Sadjiman, Drs. (2005) Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta.

Endang Widjajanti Laksono. (1998). Meramalkan Zat Pewarna dengan Pendekatan Partikel dalam Kotak I–Dimensi. Cakrawala Pendidikan.1(17). Hlm 41–42.

International Coffee Organization, Coffe Year 2019/2020

Iord?chescu, 2009. Searching for flavor labels in food products: The influence of color-flavor congruence and association strength.

Jelinek, G. (1985). Sensory Evaluation of Food. England: Ellis Horwood.

Nugraha, Ali. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung.

Samin, S., Rasdiansyah dan I. Sulaiman. 2018. Analisis Mutu Kopi Arabika Berdasarkan Suhu Roasting Menggunakan Mesin Didacta Italia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian. 3(4):794-800.

Setyaningsih, D., A. Apriyantono, dan M. P. Sari. 2010. Analisis Sensori untuk Industri Pangan dan Agro.Institut Pertanian Bogor Press. Bogor.

Stone H. and L. Joel, 2004. Sensory Evaluation Pratices, Edisi ketiga. Elsevier Academic Press. California.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susiwi. 2009. Penilaian Organoleptik. Bandung: Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Matondang, M. I. S., Anggi Aulia Nasution, Jojor Indriani Samosir, Muhammad Rafizzan Akbar, Nauas Domu Marihot Romauli, & Panjaitan, R. (2024). Analysis Of Consumer Level Of Affection For Indonesia Popular Coffee Products In The Era Of Generation Z. JURNAL KESMAS DAN GIZI (JKG), 6(2), 318–325. https://doi.org/10.35451/jkg.v6i2.2122

Most read articles by the same author(s)