The Effect Of Consumption Of Cock Fish On Sectio Caesarea Wound Healing

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35451/jkk.v5i1.1422

Keywords:

Ikan Gabus, Luka Sectio Caesarea

Abstract

Suatu tindakan persalinan melalui sayatan atau yang disebut dengan section caesarea (SC) merupakan tindakan yang banyak di minati khususnya para ibu-ibu muda dan keluarga yang memiliki ekonomi menengah keatas. Saat persalinan dengan tindakan SC dilakukan bukan hanya karena adanya komplikasi kehamilan ataupun persalinan tetapi karena permintaan ibu ataupun keluarga dengan berbagai alasan, sehingga menyebabkan banyaknya angka kejadian yang mengalami infeksi luka bekas operasi yang disebabkan berbagai faktor seperti konsumsi makanan yang tidak bergizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ikan gabus terhadap penyembuhan luka SC dengan Metode desain quasy eksperimant pretest dan posttest, yang menjadi sampel ibu ibu post partum SC hari ke 2-14. Data diambil secara acak dan di uji dengan uji pairet t test dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil yang diperoleh yaitu ada hubungan pengaruh konsumsi ikan gabus dengan penyembuhan luka dengan nilai p 0.02<0.05. Disarankan kepada ibu-ibu post partum SC agar dapat mengkonsumsi ikan gabus secara rutin terutama dalam dua minggu pertama pasca persalinan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rahmad Gurusinga, Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam

Rahmad Gurusinga adalah seorang dosen keperawatan berjabatan fungsional Lektor yang ahli pada bidang ilmu administrasi keperawatan, manajemen keperawatan, nurse caring behaviour, nyeri dan kepuasan pasien

References

Chotimah. D., Herliani. Y & Endang. (2019). Pengaruh Footbath Treatment Terhadap Nyeri Post Sectio Caesarea di Ruang Melati

RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya. Jurnal Kebidanan Kestra (JKK), Vol. 3 No.1.

Nurhikmah.A., Widowati.R & Kurniati.D. (2020). Pengaruh Pemberian Ikan Gabus Terhadap Penyembuhan Luka Sectio Caesarea Pada Ibu Pospartum Di Wilayah Kerja Puskesmas Ciasem Subang. Jurnal Syntax Idea, Vol. 2, No. 8.

Purba. J.T & Manalu B. (2020). Percepatan Penyembuhan Luka Post Operasi Sectio Caesarea Dengan Konsumsi Ikan Gabus (Channa Striata) Di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam Deli Serdang. Jurnal Doppler Vol 4 No 2.

Rosita & Herawati.I, (2022). Pengaruh Pemberian Ekstrak Ikan Gabus (Channa Starata Terhadap Luka Perinium di Wilayah Kerja Puskemas Walantaka Kota Serang. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) Edisi Khusus, Vol 8, No. 3.

Safitri.I.,Saidah.I & Nurhayati. (2022). Literatur Review; Pengaruh Pemberian Olahan Ikan Gabus Terhadap Proses Penyembuhan Luka Diabetes Mellitus. Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surabaya. Vol. 17 No. 01.

Sampara. N., Sikki.S & Aspar. R. (2020). Pengaruh Mengkonsumsi Ikan Gabus Terhadap Penyembuhan Luka Perineum Pada Ibu Nifas. Prosidding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat ISBN 9786239272845.

Zuatna. D., Pemiliana. D & manggabarani. (2021). Perbandingan Pemberian Ikan Gabus Dan Telur Ayam Terhadap Penyembuhan Luka Pasca Bedah Post Sectio Ceaserea. Jurnal Maternitas Kebidanan, Vol 6, No. 1.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Gurusinga, R. (2022). The Effect Of Consumption Of Cock Fish On Sectio Caesarea Wound Healing. JURNAL KEBIDANAN KESTRA (JKK), 5(1), 137–141. https://doi.org/10.35451/jkk.v5i1.1422