MASS CIRCUMCISION AS A FORM OF TRUST IN THE COMMUNITY WITHIN THE FRAMEWORK OF GEBYAR LLDIKTI

MASS CIRCUMCISION AS A FORM OF TRUST IN THE COMMUNITY WITHIN THE FRAMEWORK OF GEBYAR LLDIKTI

Authors

  • Eki Pratidina Universitas Bhakti Kencana
  • Sri Mulyati Rahayu Universitas Bhakti Kencana
  • Entris Sutrisno Universitas Bhakti Kencana
  • Dede Nur Aziz Muslim Universitas Bhakti Kencana
  • Manaf Manaf Universitas Bhakti Kencana
  • Diana Ulfah Universitas Bhakti Kencana
  • Nadia Ushfuri Amini Universitas Bhakti Kencana

DOI:

https://doi.org/10.35451/jpk.v2i2.1461

Keywords:

Khitanan, LLDIKTI, Corporate Social Responsibility(CSR)

Abstract

Gebyar LLDIKTI IV Jawa Barat Banten merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam menyambut HUT RI ke-77. Universitas Bhakti kencana merupakan institusi Pendidikan yang berada dibawah koordinasi LLDIKTI Jawa Barat Banten. Sebagai institusi pendidikan dengan mayoritas program studi bidang Kesehatan, Program Studi Diploma III Keperawatan, Program Studi S2 Farmasi dan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi ikut andil dalam kegiatan sebagai Tim Kesehatan untuk kegiatan khitanan massal bagi anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu yang berada di daerah sekitar wilayah LLDIKTI IV Jawa Barat Banten. Kegiatan ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Universitas Bhakti Kencana dan Pengabdian kepada Masyarakat dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melibatkan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatannya. Khitanan massal diikuti oleh 15 anak yang mendaftar, namun 1 orang tidak hadir karena sakit, sehingga jumlah yang hadir 14 anak. Proses khitanan berjalan dengan lancar dan kondisi anak-anak sehat baik sebelum, saat khitan dan setelah khitan. Harapan untuk tahun yang akan datang kegiatan Gebyar LLDIKTI IV dapat terus terselenggara dengan baik dan dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan dan mencegah terjadinya penyakit kelamin yang diakibatkan tidak dilakukannya khitan pada laki-laki.

References

Dihartawan, D., Herdiansyah, D., Saputra, N., Suherman, S., Romdhona, N., & Al Maududi, A. A. (2021). Bakti Sosial Khitanan Massal. AS-SYIFA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 55. https://doi.org/10.24853/assyifa.1.2.55-60

Kamala, N. (2009). Tinjauan Hukum Islam dan Kesehatan Terhadap Khitan Bagi Laki-Laki dan Perempuan. 91.

Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII. (2018). Isbn : 978-602-73996-5-5. http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/unduh_berkas/Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII.pdf

Sudiyanto, M. N. (2011). Kecemasan Anak Usia 10-13 Tahun Yang Akan Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia 10-13 Tahun Yang Akan.

Syari, D., Khitan, A. T., & Laki, A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Syari’at Khitan Anak Laki-Laki. 2, 61–76.

Downloads

Published

2022-12-31