PENDAMPINGAN IBU HAMIL DALAM PENANGGULANGAN KEJADIAN KEK DI PUSKESMAS TINGGI RAJA

  • Annisa Febriana Siregar Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Jelita Manurung
  • Wira Maria Ginting
Keywords: Pedampingan; Ibu Hamil; Kurang Energi Kronik

Abstract

Abstrak

Kekurangan Energi Kronik (KEK) merupakan permasalahan yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan di Indonesia. Banyak efek negatif yang akan terjadi apabila kondisi ini tidak diselesaikan seperti kesulitan dalam persalinan, pendarahan dan berpeluang kelahiran bayi dengan kondisi BBLR. Pendampingan ibu hamil selama masa kehamilan merupakan salah satu upaya untuk menganggulangi resiko KEK dengan mendorong, memotivasi serta membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkan potensi itu menjadi tindakan nyata dalam pencegahan KEK. Pendampingan dilakukan di Puskesmas Tinggi Raja dengan pemberian penyuluhan dan pemberian kuisioner yang berisikan pemahaman ibu hamil tentang kehamilan dengan KEK. Hasil survei tersebut yang dilakukan pada 2 Februari 2021 diperoleh hasil dari 32 ibu, 5 diantaranya belum memahami dan 27 ibu sudah mengetahui kehamilan dengan KEK. Uraian data dan fakta yang ada  dengan metode pendampingan pada ibu hamil yang mengalami KEK dan keluarga dapat membantu ibu dalam meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan status kesehatannya selama kehamilan serta mencegah resiko yang dapat terjadi pada ibu hamil dengan KEK. Kegiatan PKM ini dilakukan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ibu hamil mengenai KEK serta mencegah resiko yang terjadi akibat kekurangan energi kronik. Pelaksana kegiatan ini adalah tim Pengabdian Masyarakat Institut Kesehatan Medistra Prodi Gizi yang terdiri dari dosen yang berada di program studi gizi.

 

Kata Kunci: Pedampingan; Ibu Hamil, Kurang Energi Kronik

References

Jessie. (2018). Penilaian Status Gizi pada Ibu Hamil. Jurnal Kendari.

Mardatun. (2015). Hubungan Riwayat Antenatal Care (ANC) dan Tingkat Konsumsi Fe (Zat Besi) dan Kejadian Kurang Energi Kronik (KEK) Ibu Hamil di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan di Daerah Istimewa Jogjakarta. Penelitian Sistem Kesehatan.

Mayasari, A. T. (2014). Kejadian Kuran Energi Kronis pada Ibu Hamil Berdasarkan Umur, Paritas dan Pendidikan. Akademi Kebidanan Griya Husada.

Prameswari, G. M. (2019). Pemberdayaan Keluarga dalam Pendampingan Ibu Hamil dengan KEK (Kekurangan Energi Kronis) di Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Pramitasari. (2017). Perawatan Payudara Dilengkapai dengan Deteksi Dini terhadap Penyakit Payudara. Yogyakarta: Nuha Medika.

RI, K. K. (2017). Rencana Stratgegis Kementrian Kesehatan Tahun 2015-2019. Kementrian Kesehatan.

RI, K. K. (2021). Laporan Kinerja Kementrian Kesehatan Tahun 2020 . Germas.

Sandjaja. (2010). Risiko Kurang Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil di Indonesia. Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan .

Supariasa, I. D. (2013). Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Published
2021-06-30