PENYULUHAN PENGOLAHAN BAHAN SUSU DAN MENTEGA UNTUK PENINGKATAN BERAT BADAN BALITA

  • Sri Wulan Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Novita Br Ginting Munthe Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Basyariah Lubis Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Iskandar Markus Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Rahmad Gurusinga Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
Keywords: Penyuluhan Pengolahan Bahan Susu dan Mentega, peningkatan Berat Badan Balita

Abstract

Memiliki anak yang sehat, cerdas dan bergizi merupakan dambaan setiap orang tua, tetapi di zaman sekarang ini masih ada anak di bawah umur lima tahun yang mengalami gangguan gizi, di mana anak balita merupakan salah satu kelompok resiko tinggi sehingga Pemebrian nutrisi merupakan hal yang sangat penting untuk proses pertumbuhan balita dan ibu merupakan salah satu orang yang paling berperan dalam memenuhi nutrisi bagi keluarga sehingga sangat penting bagi ibu untuk mengetahui pemenuhan nutrisi bagi balita. Pengabdian masayarakat ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan ibu tentang pengolahan bahan susu dan mentega terhadap berat badan balita dengan mengimplementasikan secara langsung kepada ibu-ibu yang memiliki balita. Metode pelaksanaan kegiatan dengan mengguankan lembar observasi dan kuisioner tentang pengolahan bahan susu dan mentega. Dari hasil kegiatan yang dilakukan ibu-ibu yang memiliki balita sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Melalui kegiatan ini diharapkan pengetahuan ibu-ibu dapat bertambah terutama dalam penuhan nutrisi pada balita.

References

Adi, A.C. (2011). Makanan Penambah Berat Badan Anak. Jakarta : Puspa Swara

Dinas Kesehatan Sumatera Utara (2019). ‘Provinsi Sumatera Utara’, Jurnal Ilmiah Smart, III(2), pp. 68–80.

Kementerian Kesehatan RI (2018). ‘Buku Saku Pemantauan Status Gizi’, Buku Saku Pemantauan Status Gizi Tahun 2017, pp. 7–11.

Octaviani dan Margawati (2012). Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Ibu Buruh Pabrik Tentang Kadarzi (Keluarga Sadar Gizi) Dengan Status Gizi Anak Balita (Studi di Kelurahan Pagersari, Ungaran) Journal Of Nutrition College, Vol 1 No 1 Tahun 2012 p 46-54.

Prakoso.B.I (2012). Hubungan Perilaku Ibu Dalam Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Tingkat Konsumsi Energi Dengan Status Gizi Balita di Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. http://journal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/761/807

Retno, A.S. (2012). Pengaruh Pemberian Makanan Pada Bayi dan Anak terhadap Pengetahuan Keterampilan, dan Motivasi Bidan Desa. Jurnal DIKESA Januari 2013 hal. 1 -20.

Siswani.H, Sari.A.D, dan Hidayah.N (2020). Pengaruh Pemberian Susu dan Mentega Terhadap Berat Badan Pada Balita Dengan Berat Badan Yang Kurang di Desa Sedo Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.11 No.2 p 308-313.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Zuliana (2014). Efektifitas Pemberian Susu dengan Campuran Mentega Terhadap meningkatan Berat Badan pada Anak Usia Todler di Posyandu Melur RT 03 RW 01 Siak Sri Indrapura Tahun 2011. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Payung Negeri Pekanbaru.

Published
2021-12-31