WORKSHOP OF FORMULATION LIQUID SOAP FROM CELERY (Apium graveolens L) LEAF EXTRACT TO MOISTURIZING SKIN

  • Nur Ulina M. Br. Turnip Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
Keywords: ekstrak daun seledri, sabun cair, kelembaban kulit

Abstract

Kerusakan kulit umumnya terjadi pada lapisan stratum korneum atau memiliki nama lain barrier yaitu lapisan kulit terluar yang memiliki pertahanan pertama dalam menghalangi dan sinar UV yang masuk ke lapisan kulit. Tujuan dari kegiatan seminar ini untuk mensosialisasikan ekstrak daun seledri dengan konsentrasi 10%, 15%, dan 20% dapat melembabkan kulit. Metode pemuatan sediaan dilakukan dengan pemeriksaan organoleptik, homogenitas, uji iritasi, uji tinggi busa dan uji kelembapan pada sediaan sabun cair dari ekstrak daun seledri. Hasil yang didapatkan dari Uji kelembapan sabun cair yang mengandung ekstrak daun seledri berfungsi untuk melembabkan kulit pada konsentrasi 20%. Kesimpulan: Ekstrak daun seledri dapat diformulasikan dalam sediaan sabun cair untuk melembabkan kulit 61,1% pada konsentrasi 20% semakin tinggi konsentrasi maka semakin lembab kulit.

References

Anggraini D. Rahmides WS, Malik M. 2012. Formulasi Sabun Cair Dari ekstrak Batang Nanas (Ananas comosus L.) Untuk Mengatasi Jamur Candida Albicans. Penelit farm Indonesia; 1 (01):30-3.

Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Jilid II. PT. Trubus Agriwidya. Jakarta. 2000. Hal. 172-174.

Legiwati L, Yusharyahya SN, Margaretha S. (2015). The Incidence of Dermatology Disease at geriatric Dermatology clinic Departement of Dermatovenerelogy

Saputra, O., dan Fitria, T. 2016. Khasiat Daun Seledri (Apium graveolens L.) Terhadap Tekanan Darah Tinggi Pada Pasien Hiperkolestrolemia. Jurnal Majority, volume 5 (2): 120.

Sinulingga, E. Harianda, A. budiastuti, A. widodo. 2018. Efektivitas Madu Dalam Formulasi Pelembab Pada Kulit Kering. Jurnal Kedokteran Diponegoro.vol. 7 (1): 146-157.

Published
2022-06-30